.

.
.

Selasa, 24 November 2015

Fungsi Organ Penyusun Sistem Ekskresi



Fungsi Organ Penyusun Sistem Ekskresi

Sistem ekskresi bertanggung jawab untuk menghapus materi yang berbahaya, yang tidak perlu atau berlebihan dalam tubuh. Melalui proses ini memungkinkan tubuh untuk mempertahankan homeostasis, sehingga mencegah kerusakan yang akan terjadi. Sebagian besar organ dalam tubuh yang berfungsi secara normal akan menghasilkan limbah metabolisme dan karena ini, seluruh tubuh tergantung pada sistem ekskresi. Organ sistem ekskresi mencakup empat organ dari sistem urin, paru-paru, kulit, hati dan usus besar. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi masing-masing organ.


1. Sistem urin

ginjal
Ginjal terletak di bagian belakang rongga perut yang ditemukan pada retroperitoneum dan mereka mendapatkan darah dari arteri ginjal yang berpasangan. Ginjal mengekskresikan urin ke salah satu ureter. Ginjal melayani berbagai fungsi termasuk mengatur tekanan darah, menjaga keseimbangan asam-basa tubuh dan mengatur elektrolit. Mereka juga secara alami menyaring darah, mengalihkan limbah menuju kandung kemih. Ketika ginjal menghasilkan air kemih, mereka mengeluarkan limbah termasuk amonium dan urea. Fungsi lainnya termasuk memproduksi hormon dan penyerapan kembali asam amino, glukosa dan air.
ureter
Setiap ureter adalah tabung berotot yang membawa urin antara ginjal dan kandung kemih. Mereka biasanya memiliki diameter antara 3 sampai 4 mm dan panjang antara 25 dan 30 cm. Mereka menyeberang pada pinggir panggul dekat dengan bifurkasi dari arteri iliaka, yang mana batu ginjal biasanya ditemukan. Mereka kemudian berjalan sepanjang dinding lateral panggul sebelum melengkung menuju kandung kemih di belakang.
kandung kemih
Kandung kemih bertanggung jawab untuk mengumpulkan setiap urin yang diekskresikan oleh ginjal. Urin tersebut disimpan di sini sebelum buang air kecil terjadi. Untuk memenuhi fungsi ini, kandung kemih merupakan organ elastis, berongga, dan berotot yang bertumpu pada panggul seseorang. Urine memasuki kandung kemih menggunakan ureter dan uretra yang melaksanakannya.

2. Paru-paru

Respirasi sel diperlukan untuk menyediakan tubuh kita dengan energi karena tanpa itu, sel-sel tubuh akan mati. Namun, respirasi sel menghasilkan produk limbah karbon dioksida yang kemudian perlu dihilangkan dari sistem. Karbon dioksida ini berdifusi keluar dari sel-sel dalam tubuh, memasuki aliran darah dan akhirnya pergi ke paru-paru. Paru-paru mengandung alveoli yang tersebar karbon dioksida dari darah sehingga bisa masuk ke jaringan paru-paru dan akhirnya meninggalkan tubuh selama pernafasan.

3. Kulit

Keringat adalah bagian penting dari sistem ekskresi karena bertanggung jawab untuk menghilangkan keringat dari tubuh. Garam berisi beberapa limbah metabolisme termasuk urea, garam dan air. Selain buang air limbah metabolik, keringat juga mendingin tubuh. Kelenjar keringat dapat menerima berbagai limbah karena mereka dicampur dengan kapiler, yang merupakan pembuluh darah kecil. Ini berarti bahwa limbah dapat berdifusi keluar dari darah dan masuk ke kelenjar keringat sebelum melewati keluar dari kulit dalam bentuk keringat.

4. Usus Besar

Usus besar adalah sekitar 5 meter panjang dan bertanggung jawab untuk mengangkut sampah sehingga dapat dikeluarkan. Secara umum, ia mengumpulkan sampah dari seluruh tubuh dan kemudian mengekstrak air yang dapat digunakan, yang memungkinkan untuk menghilangkan limbah padat. Ia melakukannya karena setiap produk limbah atau makanan yang tidak diserap usus kecil akan memasuki usus besar. Setelah itu ada, bakteri, air dan makanan yang tidak tercerna digabungkan untuk menciptakan tinja. Kadang-kadang akan makanan membutuhkan waktu hingga 24 jam untuk menyelesaikan perjalanannya melalui usus besar seseorang.

5. Hati

Hati bertanggung jawab untuk detoksifikasi dan memecah racun seperti bahan kimia dan racun yang masuk ke tubuh kita. Salah satu cara di mana hati memenuhi fungsi ini adalah dengan mengambil amonia dalam bentuk beracun dan mengubahnya menjadi urea yang ginjal akhirnya akan menyaring, membuat urin. Selain itu, hati memproduksi empedu yang tubuh kemudian menggunakan untuk membantu istirahat lemak ke dalam limbah tidak dapat digunakan dan lemak dapat digunakan. Empedu disimpan dalam seseorang kandung empedu setelah hati memproduksi itu. Usus kecil menggunakannya untuk memecah limbah asam seperti amonia serta lemak dan etanol, mengubahnya menjadi zat berbahaya.
Hati juga melayani beberapa fungsi dalam sistem peredaran darah. Hal ini juga bertanggung jawab untuk mempertahankan tingkat yang tepat tubuh glukosa berdasarkan petunjuk dari insulin (yang meningkatkan jumlah glukosa yang disimpan) dan glukagon (yang menurunkan jumlah glukosa yang disimpan). Hati juga membantu detoksifikasi darah dengan menghapus bahan kimia yang berpotensi berbahaya.


 Sridianti.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar